Kamis, 18 Februari 2016

Kota Batik "PEKALONGAN"

Ini adalah tulisan pertama gue di tahun 2016. Sebenernya gue bingung mau nulis apa (ahelah tiada hari tanpa bingung). Iya..beneran. Bukan bingung karna ga ada yang ditulis, tapi bingung karna saking banyaknya yang pengen gue tulis. Maklum lah manusia semakin banyak pilihan semakin pusing dia. 

Jadi gue mutusin buat nulis tentang pekalongan. Pekalongan???? Kalo ada yang belum pernah denger kota Pekalongan (gue harap semua orang tau karna jelas-jelas di lagunya SLank ada disebut "kota batik di Pekalongan) gue kasi tau. Kalo Pekalongan adalah kota dengan sejuta pesona?? Ga percaya..coba aja tanya temen-temen lo yang asli pekalongan pasti ada sejuta kenangan yang ga bisa mereka lupakan dari kota ini. Mulai dari kebudayaannya, lingkungannya, kulinernya dan segudang hal yang ga bisa disebutin satu-satu. 

Kalo ada yang bingung dimana letak pekalongan. Pekalongan ada di antara Batang dan Pemalang, ada di jalur pantura yang macet cuma setahun  dua kali. Kapan?? Waktu menjelang lebaran dan abis lebaran. Hari lain....gue jamin lo ga bakal kenalan sama yang namanya macet. Terus gimana cara ke Pekalongan?? Naik elang!! atau naga terbang bisa kok.....Karna lokasinya yang luar biasa strategis, pekalongan bisa dijangkau dengan travel, bus atau kereta...asal lo ga naik pesawat aja, karna setau gue belum ada rute penerbangan ke kota pekalongan karna belum ada landasan udaranya. kecuali kalo lo mau sekalian atraksi pake parasut terjun dari pesawat, tapi sih gue saranin jangan.Soal cuaca...hmmmm....ga beda jauhlah sama cuaca di kota-kota lain di Indonesia, karna kita tinggal di negara tropis. Jadi...ga perlu pake baju tebel2 di sini karna ga bakalan ada salju turun. Secara gue udah 27 tahun tinggal disini, sedikit banyak gue tau perembangan kota pekalongan. Beberapa waktu yang lalu ada temen2 gue dari Jakarta dateng, terus mereka nanya di pekalongan ada apa?? Nah kalo gue dapet pertanyaan ini jawaban gue adalah..lu siap berapa hari?? Nah jawaban gue tergantung sama jawaban mereka. Pekalongan punya banyak tempat yang bisa dikunjungi mulai dari wisata kota sampe wisata alamnya, ga ketinggalan kulinernya booo'. Uda pernah denger megono??Kluban bothok?? Gue yakin makanan ini cuma bisa ditemui kalo ke pekalongan. Ada sih megono di daerah lain...tapi dengan bentuk yang berbeda. Lopis raksasa yang beratnya bisa sampe 1320 kg. Nah kan bingung gimana cara makannya. Itu cuma ada disini. 

Nah berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi kalo ke Pekalongan :
1. Museum batik. Kita bisa belajar tentang sejarah batik dan makna batik dan motifnya ga ketinggalan cara pembuatannya. Pengen coba bikin batik??? bisa banget!! 
2. Tulisan BATIK yang ada di lapangan Jetayu tepat di depan museum batik. Ga afdol kalo belum poto di tempat ini
3. Mangrove park. Pengen nonton sunset sambil ngerasain angin sepoi-sepoi. ya disini
4. Pantai.
5. Kampung batik.
6. Curug (air terjun) diantaranya curug bajing, muncar dan lainya.
7. Rafting di Lolong
8. River thubing di Kasogunung, kec. Doro
9. Main air di Kedung Gede, petungkriyono
10. Ngeliat pemandangan di atas watu ireng.
11. Kebun Teh Jolotigo.
Yah...pokoknya masih banyak lah...makanya gue bilang ga cukup satu hari kalo buat main di pekalongan.Soal makanan?? Jangan kuatir 
Ini gue ada beberapa makanan yang wajib dicoba :
1. Megono
2. Tauto 
3. Kluban bothok
4. Pindang tetel
5. Jajanan pasar yang ada di postingan lama 

Oiya...oleh2...ya apalagi oleh-oleh yang pas kalo bukan batik. Tiap hari aja gue pake batik. Eh beneram?? iya serius dah beneran. Dari celana batik, kaos batik, daster batik, atasan kerja batik, blazer batik. HAhaha...saking cintanya gue sama batik kayanya. Kemaren sempet gue nanya ke salah satu temen gue yang kerjaanya nyetrika jalur pekalongan - jakarta. alias kerjaannya bolak balik pekalongan jakarta. Gue tanya sama dia "lu kenapa ga stay di Jakarta aja?" dan gue ga nyangka kalo jawaban nya bakal beda dengan kebanyakan temen gue lainnya, kebanyakan dari temen yang gue tanya mereka jawab "tar kalo uda merit, tar kalo uda dapet kerjaan tetap atau iya nanti kalo sudah punya rumah", tapi temen gue yang satu ini jawab "karna hati gue ada di Pekalongan"
 

"Semempesonanya semenariknya tempat lain di belahan dunia, tempat kelahiran dan tempat kita dibesarkan adalah tempat yang tidak akan pernah tergantikan"
Gue yakin semenariknya tempat yang gue ceritain, pasti kita memiliki satu tempat yang selalu ingin  kita kunjungi, bukan karena pesonanya tetapi karena historynya disana. 


Buat potonya tar lah gue post nyusul berhubung gue lagi keburu waktu dan gue cari poto2nya kaga nemu-nemu.
 
 

Tidak ada komentar: